Tuesday, May 21, 2019

ICE BREAKING SEBAGAI SUNTIKAN ENERGI DALAM PEMBELAJARAN


ICE BREAKING SEBAGAI SUNTIKAN ENERGI DALAM PEMBELAJARAN




Salam sejahtera untuk sahabat guruku semua.


Mengajar di dalam kelas merupakan suatu kewajiban kita sebagai guru. Kehadiran kita di dalam kelas selalu dinantikan anak didik kita pada setiap harinya. Sekolah suatu kewajiban yang dilakukan anak didik kita untuk menuntut ilmu, terkadang mengalami titik kejenuhan dalam menjalani rutinitasnya. Banyak hal yang menyebabkan kejenuhan tersebut, monotonnya cara mengajar guru, kesulitan anak dalam menerima materi pelajaran, mempunyai masalah pribadi dengan keluarga di rumah maupun dengan teman di sekolah.
Kita sebagai guru kadang juga merasa kesulitan menyampaikan materi pelajaran , jika salah satu dari anak didik kita mengalami kejenuhan di kelas. Suasana kelas menjadi tidak nyaman. Siswa tersebut kadang mengganggu temannya untuk melepas kejenuhannya, tidak memperhatikan materi yang sedang berlangsung, dan masih banyak lagi akibatnya.
Ice breaking, dua kata tersebut mungkin bagi bapak ibu guru sudah tidak asing lagi. Suatu kegiatan yang dilakukan untuk melatih konsentrasi, memberikan rasa nyaman, serta mengurangi kejenuhan para siswa. Nah , kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternative kita dalam memecah kejenuhan peserta didik kita. Tak harus lama, cukup 3 sampai 5 menit  kegitan ini kita sisipkan disela-sela pembelajaran yang kita lakukan. Banyak sekali contoh permainan ice breaking yang bisa kita lakukan.  Contoh ice breaking yang bisa kita lakukan pada siswa  misalnya dengan permainan gerak dan lagu atau dengan menggunakan berbagai tepuk.
Kita bisa melihat video berikut sebagai referensi kita dalam melakukan ice breaking. Selamat menyaksikan . Semoga kita bisa menciptakan beragam jenis ice breaking lainnya untuk menambah semangat anak didik kita dalam menerima pelajaran.


1 comment:

  1. Tulisannya inspiratif, tinggal mempercantik blognya dg header yg keren

    ReplyDelete