Monday, May 20, 2019

SERBA-SERBI KULINER KHAS RAMADHAN


SERBA-SERBI KULINER KHAS RAMADHAN




Puasa di bulan Ramadhan, merupakan ibadah bagi kaum muslim yang dilaksanakan 1 bulan penuh dalam 1 tahun dalam kalender hijriyah. Ramadhan selalu di tunggu kehadirannya oleh jutaan umat uslim di dunia. Di Indonesia sendiri Negara yang berpenduduk mayoritas muslim , ramadhan juga selalu dinantikan. Masjid dan musholla selalu ramai pada waktu ibadah sholat sunat taraweh, suara pengeras musholla dan masjid berkumandang suara tadarus, itu semua tidak bisa kita temukan dalam bulan-bulan lainnya.


Mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari kita tidak makan dan minum. Banyak sekali energy yang sudah terbuang dan harus kita ganti dengan menyuplai makanan dan minuman yang bergizi dalam buka puasa dan sahur untuk mengisi energy dalam tubuh kita agar bisa melaksanakan ibadah puasa esok hari.  Makanan yang manis dan segar selalu dicari dalam menu buka puasa. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang manis kita bisa cepat mengembalikan energy yang hilang itu. Banyak sekali alternative makanan dan minuman manis yang bisa kita konsumsi dalam menu buka puasa kita.
KURMA
Makanan  yang satu ini banyak dijajakan di took-toko, pasar, dan minimarket ketika bulan ramadhan tiba. Kita juga bisa mengolahnya menjadi air nabeez. Ingin tahu khasiat dan cara membuatnya klik disini.
ES DEGAN
Kuliner  yang satu ini banyak sekali dijajakan oleh pedagang kaki lima. Menu Pohon yang banyak tumbuh di Indonesia ini banyak disajikan dalam menu buka puasa. Di Lumajang kota tercinta ini terkenal dengan es degan tawon. Mau tau tip dan trik cara membuatnya, lihat disini.
Selain menu di atas, banyak sekali makanan dan minuman tradisional khas Indonesia yang bisa disajikan sebagai alternative menu . seperti kue serabi, klepon, es dawet, petulo kacang ijo, kolak pisang dan banyak lagi menu lainnya.



No comments:

Post a Comment